Kamis, 10 April 2014

Hasil Sementara Hitung Cepat Pemilu 2014

JAKARTA, KOMPAS.com -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) untuk sementara unggul berdasarkan hasil hitung cepat Litbang Kompas pada Pemilu Legislatif 2014, Rabu (9/4/2014). Data sementara hingga pukul 17.30 menempatkan PDI-P di posisi teratas dengan perolehan suara 19,52 persen. Posisi kedua dan ketiga ditempati Partai Golkar (15,22 persen) dan Partai Gerindra (11,58 persen).

Perolehan suara itu merupakan hasil perolehan suara dari 734 tempat pemungutan suara (TPS) atau 36,7 persen dari total 2.000 TPS yang menjadi sampel dalam quick count oleh Litbang Kompas. "Kalau dilihat dari grafiknya mulai stabil," kata General Manager Litbang Kompas Harianto Santoso di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah, Jakarta, Rabu petang.

Selain ketiga partai di atas, penghitungan cepat ini untuk sementara menempatkan PKB di urutan keempat dengan 9,58 persen, Partai Demokrat (9,34 persen), PAN (6,9 persen), Partai Nasdem (6,74 persen), PKS (6,66 persen), PPP (5,59 persen), Hanura (5,16 persen), PBB (1,53 persen), dan PKPI (0,89 persen).
Hasil penghitungan sementara ini berdasarkan 734 TPS yang tersebar di wilayah Pulau Jawa, Sumatera, Papua, Sulawesi, dan Kalimantan.


Hitung cepat Litbang Kompas ini mulai ditampilkan sejak pukul 13.30 WIB setelah proses pemungutan suara selesai dilakukan di seluruh wilayah Indonesia. Litbang Kompas mengambil 2.000 jumlah sampel TPS dan responden di seluruh Indonesia. Penentuan sampel dilakukan dengan metode sampel acak stratifikasi sistematis dari daftar pemilih tetap. Dengan metode ini, sampel yang terpilih tersebar di 34 provinsi yang jumlahnya proporsional dengan jumlah pemilih. Dengan demikian, diharapkan hasil hitung cepat Litbang Kompas menjadi presisi, seperti sebelumnya yang hanya memiliki selisih di bawah 1 persen dari hasil penghitungan akhir Komisi Pemilihan Umum.

Untuk menjaga kredibilitas dan independensi, kegiatan rangkaian riset pemilu dan hitung cepat dilakukan secara mandiri, baik pelaksanaan maupun pembiayaannya. Kegiatan ini melibatkan lebih dari 10.000 orang yang tersebar di seluruh Indonesia. Relawan sebagai tenaga lapangan yang bertugas sebagai petugas survei (pewawancara) dan pengolah data berjumlah 2.780 orang.

Hasil quick count ini bukan merupakan hasil resmi pemilu legislatif. Hasil resmi perolehan suara pemilu legislatif akan diumumkan oleh KPU.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar